Kembali

A. INFORMASI UMUM

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang, yang beralamatkan di Jalan Bandung 7C Kota Malang adalah lembaga pendidikan dasar berciri khas agama Islam, pada tahun pelajaran 2021/2022 kembali menerima putra-putri yang siap didik untuk menjadi generasi masa depan harapan umat yang bertaqwa, berakhlak mulia dan unggul prestasi. Dengan mencermati besarnya animo masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra-putrinya di M I N 1 Kota Malang, maka pada kegiatan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022 kembali dilaksanakan dengan sistem pemetaan kesiapan belajar secara daring (online). Dari hasil pemetaan ini akan diterima 252 peserta didik baru yang terdistribusi dalam 9 rombongan belajar (setiap rombongan belajar terdiri dari 28 peserta didik).

B.Persyaratan Peserta

Persyaratan untuk menjadi peserta didik baru adalah sebagai berikut:

1.Umur minimal 6 tahun, 0 bulanpada 1 Juli 2021, bagi calon peserta didik yang usianya kurang dari 6 tahun, harus melampirkan surat rekomendasi dari Kepala TK/BATARA masing-masing (format terlampir).
2. Sedang menempuh pendidikan di TK/BATARA-B (Persiapan).
3. Tidak sedang menempuh pendidikan di SD/MI dibuktikan dengan surat keterangan dari TK/BATARA
4. Menyerahkan persyaratan administrasi yang meliputi:

a. Formulir pendaftaran yang telah dicetak dan diisi lengkap dari form pendaftaran online
b. Foto kopi warna Akte Kelahiran atau legalisir Kepala TK/BATARA
c. Foto kopi Warna Kartu Keluarga
d. Surat Keterangan bahwa pada tahun pelajaran 2020/2021 sedang menempuh pendidikan di TK/BA/TA/RA-B (Persiapan)
e. Surat rekomendasi kesiapan belajar dari Kepala TK/BATARA bagi calon peserta didik yang usianya kurang dari 6 tahun per 1 Juli 2021
f. Foto kopi warna piagam kejuaraan/dilegalisir(juara 1, 2, 3, atau Harapan 1, 2, 3) individual minimal tingkat kota / kabupaten (bukan kejuaraan berkelompok) bagi yang memiliki
g. Foto kopi sertifikat tahfidz atau Surat Keterangan Hafal Quran minimal 1 juz dari lembaga penyelenggara tahfid yang kompeten. (Jika memiliki)
h. Surat Keterangan Peringkat Kelas. (Bagi yang memiliki ) (format terlampir)
Pada semester I tahun pelajaran 2020/2021, peserta didik berada pada peringkat paralel (dengan melampirkan surat keterangan dari kepala TK/BA/TA/RA), dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Peringkat terbaik 1 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki satu rombongan belajar kelas B.
2) Peringkat terbaik 1 dan 2 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki dua rombongan belajar kelas B.
3) Peringkat terbaik 1, 2, dan 3 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki tiga rombongan belajar kelas B
i. Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), jika sudah memiliki
j. Surat pernyataan tentang keabsahan data dan dokumen pendaftaran(bermaterai 10.000 atau 2 x 6.000)(format telampir)
k. Foto berwarna ukuran 3 x 3 cm sebanyak 1 lembar (tidak harus berseragam)
Catatan: Berkas yang sudah diserahkan kepada panitia tidak bisa diminta kembali.

C. Tahapan Pelaksanaan PPDB

1.Pendaftaran Online
Pendaftaran online dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Senin s.d Sabtu, 15 s.d 20 Februari 2021
- Website          :http://ppdb2021min1kotamalang.sch.id

D. Penyerahan Berkas Pendaftaran dan Verifikasi Berkas

Penyerahan berkas pendaftaran harus mentaati protokol kesehatan dan diatur dengan jadwal sebagai berikut:
Hari        :Senin - Sabtu
Tanggal  : 22 – 27 Februari 2021
Waktu    : 07.00 – 12.00 WIB
Tempat  :Serambi depan mushola M I N 1 Kota Malang
Catatan :
a. Tidak mengajak calon peserta didik.
b. Manaati protokol kesehatan, meliputi: memakai masker, pemeriksaan suhu badan, mencuci tangan, menggunakan handsanitizer, melewati bilik sterilisasi, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan segera meninggalkan lokasi.
c. Hadir menyerahkan berkas sesuai jadwal berikut:
Nomor Pendaftaran Hari, Tanggal Waktu (WIB)
001 s.d 030 Senin, 22 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
031 s.d 060 Pukul 07:30 s/d 08:00
061 s.d 090 Pukul 08:00 s/d 08:30
091 s.d 120 Pukul 08:30 s/d 09:00
121 s.d 150 Pukul 09:00 s/d 09:30
151 s.d 180 Pukul 09:30 s/d 10:00
181 s.d 210 Pukul 10:00 s/d 10:30
211 s.d 240 Pukul 10:30 s/d 11:00
0241 s.d 0270 Selasa, 23 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0271 s.d 0300 Pukul 07:30 s/d 08:00
0301 s.d 0330 Pukul 08:00 s/d 08:30
0331 s.d 0360 Pukul 08:30 s/d 09:00
0361 s.d 0390 Pukul 09:00 s/d 09:30
0391 s.d 0420 Pukul 09:30 s/d 10:00
0421 s.d 0450 Pukul 10:00 s/d 10:30
0451 s.d 0480 Pukul 10:30 s/d 11:00
0481 s.d 0510 Rabu, 24 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0511 s.d 0540 Pukul 07:30 s/d 08:00
0541 s.d 0570 Pukul 08:00 s/d 08:30
0571 s.d 0600 Pukul 08:30 s/d 09:00
0601 s.d 0630 Pukul 09:00 s/d 09:30
0631 s.d 0660 Pukul 09:30 s/d 10:00
0661 s.d 0690 Pukul 10:00 s/d 10:30
0691 s.d 0720 Pukul 10:30 s/d 11:00
0721 s.d 0750 Kamis, 25 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0751 s.d 0780 Pukul 07:30 s/d 08:00
0781 s.d 0810 Pukul 08:00 s/d 08:30
0811 s.d 0840 Pukul 08:30 s/d 09:00
0841 s.d 0870 Pukul 09:00 s/d 09:30
0871 s.d 0900 Pukul 09:30 s/d 10:00
0901 s.d 0930 Pukul 10:00 s/d 10:30
0931 s.d 0960 Pukul 10:30 s/d 11:00
0961 s.d 0990 Jumat, 26 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0991 s.d 1020 Pukul 07:30 s/d 08:00
1021 s.d 1050 Pukul 08:00 s/d 08:30
1051 s.d 1080 Pukul 08:30 s/d 09:00
1081 s.d 1110 Pukul 09:00 s/d 09:30
1111 s.d 1140 Pukul 09:30 s/d 10:00
1141 s.d 1170 Pukul 10:00 s/d 10:30
1171 s.d 1200 Sabtu, 27 Februari 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
1201 s.d 1230 Pukul 07:30 s/d 08:00
1231 s.d 1260 Pukul 08:00 s/d 08:30
1261 s.d 1290 Pukul 08:30 s/d 09:00
1291 s.d 1320 Pukul 09:00 s/d 09:30
1321 s.d 1350 Pukul 09:30 s/d 10:00
1351 s.d 1380 Pukul 10:00 s/d 10:30
1381 s.d .... Pukul 10:30 s/d 11:00
PengembalianformulirpendaftaranditutuppadahariSabtu, 27 Februari 2021pukul 11.00 WIB.
Pada saat pengembalian, formulir diisi lengkap dan dilampiri dengan:
1. Surat keterangan (asli) dari psikolog profesional atau guru sekolah/madrasah atau TK/BATARA masing-masing bagi yang berumur kurang dari 6 tahun pada 1 Juli 2021
2. Foto kopi akte kelahiran
3. Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
4. Surat Keterangan (Asli) bahwa pada tahun pelajaran 2020/2021 sedang menempuh pendidikan di TK/BA/TA/RA-B (Persiapan); 5. Foto berwarna 3 x 3 cm sebanyak 1 lembar (tidak harus berseragam)
6. Foto Kopi Piagam kejuaraan (Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3) individual minimal tingkat kota / kabupaten (bukan kejuaraan berkelompok)
Apabila berupa tropi/medali/piala harus disertai surat keterangan dari sekolah/penyelenggara dan menunjukkan aslinya.(Jika memiliki prestasi)
7. Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). (jika sudah memiliki)
8. Surat pernyataan tentang keabsahan data dan dokumen pendaftaran (bermaterai 10.000 atau 2 materi 6.000)
9. Piagam / surat keterangan tahfidz quran minimal 1 juz dari lembaga yang berwenang (bila ada)
10. Surat keterangan peringkat kelas (bagi yang memiliki)
Pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, peserta didik berada pada peringkat paralel
(dengan melampirkan surat keterangan dari kepala TK/BA/TA/RA), dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Peringkat terbaik 1 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki satu rombongan belajar kelas B
b. Peringkat terbaik 1 dan 2 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki dua rombongan belajar kelas B
c. Peringkat terbaik 1, 2, dan 3 bagi TK/BA/TA/RA yang memiliki tiga rombongan belajar kelas B
Catatan : Berkas yang sudah diserahkan kepada panitia tidak bisa diminta kembali

E. PENGUMUMAN HASIL VERVAL BERKAS PENDAFTARAN

Berkas persyaratan pendaftaran yang telah diserahkan ke panitia, kemudian diverifikasi dan divalidasi. Hasil verval akan diumumkan pada:
Hari / Tanggal : Selasa, 2 Maret 2021
Waktu : 00.01 WIB
Alamat : www.ppdb2021min1kotamalang.sch.id
Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos verval akan mendapatkan Nomor Peserta Pemetaan dan alamat zoom meeting wawancara, dan bisa melanjutkan pada kegiatan berikutnya,
yaitu mencetak kartu peserta. Bagi yang belum lolos verval, diwajibkan untuk menyerahkan kekurangan berkas persyaratannya kepada panitia di MIN 1 Kota Malang.

F. Jadwal Pemetaan

Kegiatan pemetaandilaksanakansecara online pada:
Hari : Senin - Sabtu
Tanggal : 8 – 13Maret 2021
Waktu : sesuai dengan nomor pemetaan
Aplikasi : zoom meeting dengan alamat link sesuai yang diinformasikan pada pengumuman hasil verifikasi berkas
Hal-hal teknis:
a. Peserta harus memiliki moda/alat yang diperlukan berupa Smartphone, Tablet, atau PC dalam kondisi baterei sudah terisi penuh
b. Terkoneksi jaringan internet dengan sinyal yang stabil
c. Bagi yang menggunakan kuota internet, pastikan kuota internet dalam kondisi memadai
d. Kamera harus aktif
e. Peserta mengenakan Kartu Peserta yang dapat dicetak dari portal PPDB di atas dada sebelah kiri
f. Kegiatan dilaksanakan dengan wawancara langsung kepada peserta dan pihak lain dilarang memberikan bantuan jawaban kepada peserta
g. Bila ada indikasi ada kecurangan maka panitia akan menganulir semua hasil pemetaan
h. Segala hal teknis yang menyangkut fasilitas peserta, bukan menjadi tanggung jawab panitia
i. Peserta hadir minimal 15 menit sebelum jadwal dimulai
j. Peserta yang terlambat hadir, akan diikutsertakan di sesi berikutnya atas persetujuan panitia
Jadwal Pemetaan diatur sebagai berikut :
Nomor Pendaftaran Hari, Tanggal Waktu (WIB)
0001 s.d 0030 Senin, 8 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0031 s.d 0060 Pukul 07:30 s/d 08:00
0061 s.d 0090 Pukul 08:00 s/d 08:30
0091 s.d 0120 Pukul 08:30 s/d 09:00
0121 s.d 0150 Pukul 09:00 s/d 09:30
0151 s.d 0180 Pukul 09:30 s/d 10:00
0181 s.d 0210 Pukul 10:00 s/d 10:30
0211 s.d 0240 Pukul 10:30 s/d 11:00
0241 s.d 0270 Selasa, 9 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0271 s.d 0300 Pukul 07:30 s/d 08:00
0301 s.d 0330 Pukul 08:00 s/d 08:30
0331 s.d 0360 Pukul 08:30 s/d 09:00
0361 s.d 0390 Pukul 09:00 s/d 09:30
0391 s.d 0420 Pukul 09:30 s/d 10:00
0421 s.d 0450 Pukul 10:00 s/d 10:30
0451 s.d 0480 Pukul 10:30 s/d 11:00
0481 s.d 0510 Rabu, 10 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0511 s.d 0540 Pukul 07:30 s/d 08:00
0541 s.d 0570 Pukul 08:00 s/d 08:30
0571 s.d 0600 Pukul 08:30 s/d 09:00
0601 s.d 0630 Pukul 09:00 s/d 09:30
0631 s.d 0660 Pukul 09:30 s/d 10:00
0661 s.d 0690 Pukul 10:00 s/d 10:30
0691 s.d 0720 Pukul 10:30 s/d 11:00
0721 s.d 0750 Kamis, 11 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0751 s.d 0780 Pukul 07:30 s/d 08:00
0781 s.d 0810 Pukul 08:00 s/d 08:30
0811 s.d 0840 Pukul 08:30 s/d 09:00
0841 s.d 0870 Pukul 09:00 s/d 09:30
0871 s.d 0900 Pukul 09:30 s/d 10:00
0901 s.d 0930 Pukul 10:00 s/d 10:30
0931 s.d 0960 Pukul 10:30 s/d 11:00
0961 s.d 0990 Jumat, 12 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
0991 s.d 1020 Pukul 07:30 s/d 08:00
1021 s.d 1050 Pukul 08:00 s/d 08:30
1051 s.d 1080 Pukul 08:30 s/d 09:00
1081 s.d 1110 Pukul 09:00 s/d 09:30
1111 s.d 1140 Pukul 09:30 s/d 10:00
1141 s.d 1170 Pukul 10:00 s/d 10:30
1171 s.d 1200 Sabtu, 13 Maret 2021 Pukul 07:00 s/d 07:30
1201 s.d 1230 Pukul 07:30 s/d 08:00
1231 s.d 1260 Pukul 08:00 s/d 08:30
1261 s.d 1290 Pukul 08:30 s/d 09:00
1291 s.d 1320 Pukul 09:00 s/d 09:30
1321 s.d 1350 Pukul 09:30 s/d 10:00
1351 s.d 1380 Pukul 10:00 s/d 10:30
1381 s.d .... Pukul 10:30 s/d 11:00
Bila ada kesulitan untuk masuk ke ruang Zoom Meeting, hubungi Nomor Help Desk berikut ini:
Fauzi : 085649821499
Dwi : 08883323881

G. Pengumuman Hasil Pemetaan

- Hari, tanggal  : Sabtu, 20 Maret 2021
- Waktu             : Pukul 07.00 sd 09.00 WIB
- Tempat  : MIN1 Kota Malang
- Alamat Website  : ppdb2021min1kotamalang.sch.id
Peserta yang dinyatakan diterima, diminta untuk mencetak hasil pemetaan utuk digunakan persaratan daftar ulang
Bagi peserta yang dinyatakan diterima akan diadakan pertemuan antara calon wali murid dengan Komite MIN1 Kota Malang yang direncanakan akan dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Minggu, 21 Maret 2021
- Waktu             : Pukul 10.00 sampai 12.00 WIB
- Tempat           : MIN1 Kota Malang

I. Daftar Ulang

Daftar ulang bagi calon murid baru yang diterima akan dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Senin - Rabu, 22 - 24 Maret 2021
- Waktu             : Pukul 07.30 sampai 12.00 WIB
- Tempat           : MIN 1 Kota Malang
- Persyaratan   : Menyerahkan formulir yang telah diisi lengkap dan berkas persyaratan daftar ulang
Pendaftaran ulang ditutup pada hari Rabu, 24 Maret 2021 pukul 12.00 WIB.
Bila sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak melakukan daftar ulang, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri
Nomor Hari / Tanggal Waktu Kelas
1 Senin, 22 Maret 2021 07:30 s/d 09:00 1A
2 09:00 s/d 10:30 1B
3 10:30 s/d 12:00 1C
4 Selasa, 23 Maret 2021 07:30 s/d 09:00 1D
5 09:00 s/d 10:30 1E
6 10:30 s/d 12:00 1F
7 Rabu, 24 Maret 2021 07:30 s/d 09:00 1G
8 09:00 s/d 10:30 1H
9 10:30 s/d 12:00 1I

J. Pengumuman Cadangan

- Hari, tanggal  : Sabtu, 27 Maret 2021
- Waktu             : Pukul 07.00 - 09.00 WIB
- Tempat           : MIN 1 Kota Malang
- Syarat           : Menunjukkan nomor peserta dan hasil pemetaan
Cadangan adalah ranking 253 dan seterusnya (sebanyak formasi yang kosong) dan tertulis di hasil pemetaan.
- Seluruh Rangkaian Kegiatan PPDB MIN 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2021/2022 tidak dipungut biaya (GRATIS)